“Dream as if you’ll live forever. Live as if you’ll die today.”
“Bermimpilah seperti kamu akan hidup selamanya dan hiduplah seperti kamu akan meninggal hari ini.”
-James Dean (Aktor Amerika), 1931-1955-

Jumat, 05 Juni 2009

Uang Jadi Pohon

Murid-murid SD Marsudirini, Yogyakarta, selama lima minggu merelakansebagian uang saku mereka disumbangkan untuk kegiatan "Uang SakuSehari Selamatkan Bumi" di sekolah mereka. "Karena menyumbang, sayasering tidak bisa jajan banyak kalau istirahat, tetapi enggak apa-apakarena semua teman juga begitu," ujar seorang murid. Pengorbananmereka tidak sia-sia. Dana yang terkumpul kemudian dibelikan limaribuan bibit pohon yang dipergunakan untuk menghijaukan kembaliPerbukitan Menoreh pada November 2008.

Pemazmur mengundang seluruh ciptaan-di surga, di ruang angkasa, dibumi-untuk menaikkan pujian bagi Tuhan. Di bumi, makhluk-makhluk yangtidak berakal budi pun, termasuk pohon-pohon, mengambil bagian dalamkonser agung untuk memuliakan Sang Pencipta ini.

Alam diciptakan untuk memuliakan Tuhan, dan manusia mendapatkanmandat untuk memelihara dan menguasainya. Mandat itu bukan surat izinuntuk mengeksploitasi alam dengan sesuka hati. Sebaliknya, Allahmenghendaki kita menjadi "pengurus yang baik dari kasih karuniaAllah" (1 Petrus 4:10), menata planet ini sesuai dengan kehendak-Nyadan untuk menggenapi tujuan-Nya. Alih-alih merusak alam, kita perluberperan serta dalam upaya-upaya pelestarian lingkungan.

Banyak langkah praktis untuk memelihara alam lingkungan. Dalamkegiatan hari ini, misalnya, dapatkah kita menghemat pemakaiankertas, penggunaan air bersih, dan pemanfaatan energi (BBM, listrik,gas)? Bisakah kita mengurangi penggunaan plastik? Mungkin kita malahsempat menanam dan memelihara pohon

Kunjungi blog lainnya di :
www.iman-indonesiamandiri.blogspot.com
www.bameyproduction.com

Tidak ada komentar: